Minggu, 25 September 2011

File Terhapus Padahal Diperlukan


Masalah file terhapus

Ketika menggunakan komputer, kita tentunya sering melakukan proses penyimpanan dan penghapusan file. Proses penghapusan file bisa dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Namun adakalanya pada suatu saat kita membutuhkan file yang telah kita hapus tersebut atau file yang terhapus secara tidak sengaja.

Cara mengatasi
Jika Anda menghadapi hal ini, tidak perlu panik dulu karena Windows sebenarnya tidak langsung membuang file itu begitu saja, melainkan menyimpannya ke dalam tong sampah atau yang dikenal dengan Recycle Bin. Anda bisa mengakses Recycle Bin melalui Explorer. Carilah file yang telah terhapus tersebut dan kembalikan ke tempat asalnya (original location) dengan metode drag and drop atau menggunakan fasilitas Restore.
Tapi bagaimana kalau file yang dibutuhkan itu sudah dihapuskan dari Recycle Bin? Masalah ini memang menjadi lebih rumit, namun tetap masih ada solusinya. Di pasaran telah beredar software-software yang khusus untuk mengembalikan file-file yang sudah dihapus baik secara sengaja maupun tidak, seperti PC Inspector File Recovery 4.0, Final Recovery 1.3, Back2life 2.31, Active Undelete 5.1.010, atau VirtualLab Data Recovery 4.8.8. Jadi, Anda bisa mencobanya. Gunakanlah software tersebut dan bacalah dengan teliti petunjuk cara penggunaannya agar Anda tidak salah langkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar