Jumat, 07 Oktober 2011

Ibukota Myanmar

Anda tahu Ibukota Myanmar? Pasti jawabannya adalah Yangoon. Tetapi jawaban itu sekarang salah. Kok bisa? Karena Ibukota Myanmar sekarang ganti. Ganti apa?? 
Naypyidaw (juga dibaca Nay Pyi Taw) adalah ibukota nasional Myanmar yang sekarang, berlokasi di Desa Kyatpyae, Kota Pyinmana, Propinsi Mandalay. Kyatpyae dalam bahasa Myanmar berarti 'lari di bawah perjuangan'. Naypyidaw berarti 'Kota/Istana Kerajaan', tetapi juga diartikan sebagai 'singgasana raja'". Kegiatan administrasi ibukota Myanmar secara resmi dipindahkan ke sebuah lahan kosong sekitar dua mil barat Pyinmana pada 6 November 2005. Naypyidaw kurang lebih 320 kilometer di sebelah utara Yangon. Nama resmi ibukota diumumkan pada saat Hari Angkatan Militer (Armed Forces Day) pada Maret 2006.
Pyinmana dahulu adalah markas dari Tentara Kemerdekaan Burma (Burma Independence Army) dan direorganisasikan ke Tentara Nasional Burma (Burma National Army) oleh Kekaisaran Jepang. Di Pyinmana inilah tentara dan karyawan Tentara Nasional Burma dilatih. Kemudian Tentara Nasional Burma berubah jalur, menjalin kerja sama dengan pejuang gerilya, dan operasi tersebut adalah sebuah keberhasilan bagi orang-orang Burma. Pyinmana menjadi sebuah icon dalam Tentara Burma, sebagai tempat dimana 'penyerang superior' dikalahkan oleh orang-orang Burma.


Pada 27 Maret 2006, lebih dari 12.000 tentara berbaris di ibukota baru dalam acara publik pertamanya: sebuah parade militer besar untuk menandakan Armed Forces Day (Hari Angkatan Bersenjata)- yang dimana adalah hari kebangkitan Burma (1945) terhadap pendudukan Jepang. Mengfilmkan acara tersebut dibataskan pada lokasi parade bersemen, yang berlukiskan pahatan tiga raja-raja Burma Anawrahta, Bayinnaung dan Alaungpaya U Aung Zeya, yang dianggap sebagai tiga raja yang paling penting dalam sejarah Burma. Kota tersebut secara resmi dinamai Naypyidaw pada saat upacara tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar